3 Cara Hidup Dari Dividen Saham

 



Wikiveda-Kalian pernah dengar kalau kita bisa hidup dari dividen saham tanpa kerja, tanpa berpenghasilan sama sekali? Tetapi tidak sembarang dividen tidak sembarang saham.

 

Kita harus tahu cara pilih sahamnya. Berapa modal awalnya, dan bagaimana cara mulainya.

 

Sebelumnya, arti dividen itu adalah bagi hasil profit sharing. Jadi ketika beli saham itu, sebenarnya kita beli perusahaan.

 

Perusahaan tersebut syaratnya yang ada bisnisnya yang ada jualan dan juga profit atau keuntungannya. Karena kita punya saham, otomatis jadi pemilik sekian persen dari perusahaan itu.

 

Berikut ini 3 cara hidup dari dividen:

 

Sebelum itu perlu dipahami, tidak semua perusahaan itu bagi dividen. Banyak perusahaan yang merugi.

 

Ada pula perusahaan yang untung pun kadang memilih untuk tidak membagikan dividennya. Terus uangnya kemana? Tergantung manajemennya, ada yang untuk bayar utang dulu, ada juga yang untuk buka cabang dan pabrik baru, supaya kemudian harga sahamnya bisa naik.

 

Langsung saja, cara pertama untuk hidup dari dividen versi Felicia Putri Tjiasaka, yaitu memilih saham yang rutin membagi dividen. Pilih saham dividen yang lumayan stabil dan sering bagi dividen karena kita hidup dari hari ke hari. Jika dividen atau penghasilan kita cuma dikasih sekali dalam setahun, susah juga.

 

Kemudian cara yang kedua, hitung modal yang kita butuhkan. Tentukan berapa biaya hidup bulanan. Tentu setiap orang beda-beda.

 

Jangan lupa bawa dividen itu Bagian kecil dari keuntungan saham. Bagian besarnya ada capital gain atau yang disebut kenaikan harga dalam 10 tahun terakhir.

 

Di tahap yang ketiga, setelah memilih sahamnya, udah nyicil beli, sampai sudah dapat dividennya, selalu ditransfer langsung ke rekening saham kita. Jadi kita tidak perlu ngapa-ngapain. Diam duit dating.

 

Sekarang bagaimana caranya bisa memakai dividen ini untuk hidup sehari-hari? pertama kita mesti ingat jika dividen itu kadang ditransfer sekali atau dua kali setahun.

 

Missal ditransfernya 120 juta Di bulan Maret aja, nah 120 juta ini sebaiknya ditarik ke rekening bank semua. Tujuannya agar tidak campur dengan dana investasi saham.


Selain itu, kita bisa juga memindahkan ke Reksadana pasar uang, agar tidak hedon. Misalnya sesuai kebutuhan bulanan, sisakan 10 juta saja.

 

Kalua udah masuk bulan berikutnya, baru tarik 10 juta lagi dari Reksadana pasar uang ke rekening bank. Begitu seterusnya.

 

Jadi itu dia 3 cara hidup dari dividen. Memang tidak mudah, tapi bukannya tidak mungkin. Anggap saja ini perjalanan 15 sampai 20 tahun ke depan yang dimulai dari langkah berani investasi hari ini.

 

Apalagi sekuritas saat ini lagi ada bagi-bagi bonus. Yang bisa ajakin teman investasi, bisa dapat hadiah saldo. Kalian mau hidup dari dividen saham apa? Coba cerita di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Simak Video Selengkapnya Di Sini:




0 Comments